Kopertis Optimis UISU Raih Akreditasi A 

Kopertis Optimis UISU Raih Akreditasi A 

UISU Rayakan Milad ke-66

MEDAN-Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah Sumut, Prof. Dr. Dian Armanto menyatakan rasa optimisnya bahwa Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) pada 2018 akan meraih akreditasi perguruan tinggi dengan nilai A. Pada tahun 2018 ini setidak harus ada satu perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi terbaik di Sumatera Utara dan UISU   menjadi tumpuan harapan.

Prof. Dian Armanto mengemukakan itu pada Rapat Senat Terbuka Milad Yayasan UISU ke 67, UISU ke 66, Fak Hukum ke 66, Fak. Agama Islam ke 64 dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan ke 60, Senin (8/1) dengan agenda Orasi Ilmiah yang disampaikan  Dr Syahwin dengan judul Penggunaan Pati Tapioka Untuk Meningkatkan Sifat Magnet Nanorod BaFe12O19, dan Dr Rasidin Karo-Karo Sitepu dengan judul Permasalahan dan Solusi Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah. Hadir Pangkosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M.Tr. (Han), mewakili Gubernur, Pangdam I/BB, Kapoldasu, Ketua MUI Medan, Ketua Baznas Sumut.

Prof. Dian menyatakan harapan besarnya kepada UISU agar pada 2018 ini termasuk PTS yang setidaknya berada pada ranking ke 100 dari seluruh perguruan tinggi yang ada di tanah air. “Ini berarti UISU harus beranjak dari rangking saat ini yang berada pada urutan ke 124,”ujarnya.

Lebih lanjut Prof.  Dian menyatakan, untuk meraih kemajuan mau tidak mau Rektor harus memiliki gairah atau semangat untuk maju, memiliki kejernihan berpikir, kemampuan yang hebat, tingkat energi yang tinggi, memiliki pengalaman hidup, memiliki sikap positif, dan harus pokus terhadap usaha yang dilakukan.

Rektor UISU Prof. Dr. Mhd Asaad, Msi menegaskan untuk menggapai kesuksesan UISU di masa datang, mau tidak mau  semua pihak harus bekerja keras baik dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. “Tentu saja semua harapan akan tercapai dengan baik,  jika semua kita  berjalan sama, memiliki silaturrahim yang kokoh, tidak ada pirqoh, dan fitnah memfitnah,”tambah Rektor lagi.

Rektor menyatakan bahwa keberadaan UISU saat ini telah membanggakan ditandai pada 2017 memiliki SDM yang mulai sudah bagus, penelitian yang bagus, hampir seluruh Prodi memiliki akreditasi B. Pada 2019-2022 semua Prodi akan memperoleh akreditasi A. Dan beberapa Prodi akan memperoleh Sertifikat ISO.

Ketua Umum Yayasan UISU Prof. Dr. Zainuddin, MPd, juga mengingatkan untuk membangun UISU ke depan menjadi PTS yang terbaik adalah dengan meningkatkan akreditasi. Dia menyatakan yakin hal itu akan tercapai bila bila membangun leardership yang kompak, dosen berkualitas, memperbaharui kurikulum sesuai dengan perkembangan, membangun fasilitas yang representatif, dan mampu mengatur bajet atau finansial dengan baik.

Dia juga mengingatkan bahwa sehubungan tahun 2018 ini merupakan tahun politik, maka UISU tidak boleh terlibat politik. Tetapi sehubungan ada alumni UISU yang ikut Pilkada, maka itu menjadi urusan person, sebab UISU juga punya hubungan emosional.

Ketua APTISI Sumut Dr Bahdin Nur Tanjung, SE, MM menyebutkan bahwa keberadaan SDM uisu harus disyukuri karena telah banyak memiliki guru besar dalam berbagai bidang keilmuan sehingga akan mempercepat UISU menngapai visi misinya. Bahdin opitimis dalam waktu 2-3 tahun mendapat UISU akan menjadi PTS nomor satu di Sumut, bila civitas akademika UISU memiliki kekompakan dan silaturrahim yang kuat.

Pada akhir kegiatan, UISU juga memberikan cinderamata kepada mantan Rektor UISU serta keluarga pendiri UISU yang diserahkan Rektor UISU, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, MSi serta undangan lainnya. (adm)