Alumni UISU Harus Lebih Peka Sosial

Alumni UISU Harus Lebih Peka Sosial

UISU Wisuda 1261 Lulusan

MEDAN-Gubernur Sumatera Utara Dr. Ir. H T erry Nuradi memuji bahwa Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) saat ini sudah semakin paten sebab proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. UISU juga terus melahirkan lulusan-lusan yang berkualitas. “Penting bagi kita menyamakan persepsi bahwa output sebuah proses pendidikan adalah menghasilkan kecerdasan intelegensi, emosional dan spritual,”kata pada acara wisuda lulusan Magister, Profesi Dokter, dan sarjana, Senin (18/12) di Gedung Selecta Jalan Listrik Medan.

Hadir pada acara tersebut Ketua Pembina Yayasan UISU T Oesman Hamdy Delikkan Alhajj, Anggota Pembina Dr Fauzi Yusuf, Ketua Umum Yayasan Prof. Dr Zainuddin, MPd, mewakili Pangdam I/BB Direktur RS Pirngadi Medan, Dirut PDAM Tirtanadi,dan  para anggota senat.

Salah satu indikatornya adalah kepekaan terhadap persoalan-persoalan social yang ada ditengah-tengah masyarakat. Untuk itu, pada kesempatan itu Gubsu mengajak seluruh alumni UISU untuk lebih peka terhadap kondisi sosial dalam rangka memberikan konstribusi terhadap pembangunan di Sumatera Utara.

Dikatakannya, bahwa kehadiran Universitas Islam Sumatera Utara semakin dibutuhkan keberadaannya guna meningkatkan sumber daya manusia masyarakat Sumatera Utara. Selama ini sumber daya manusia kita masih rendah. Salah satu indikatornya adalah kurangnya disiplin masyarakat seperti dalam berlalu lintas masih banyak angkutan kota yang melanggar rambu lalu lintas dengan berhenti sembarangan tempat.

Gubsu juga berpesan kepada para wisudawan untuk tidak menjadikan acara wisudan ini menjadi akhir dari menuntut ilmu, tetapi tuntutlah ilmu hinga ke liang lahat. Sebab, bila kita tidak terus menuntut ilmu maka kita akan tertinggal.

Sementara itu Rektor UISU Prof. Dr. Mhd Asaad, Msi menyatakan bahwa memasuki usia ke 66 tahun merupakan era kembali kebangkitan UISU, karena semakin tingginya kepercayaan masyarakat terhadap UISU. Rektor berharap semua kalangan civitas akademika untuk terus bekerja lebih  keras lagi, agar kemajuan UISU benar-benar dapat terbangun dengan baik. Terlebih dengan capaian akreditasi Prodi-prodi di lingkungan UISU. Terkahir, beberapa waktu lalu Prodi Sarjana kedokteran dan Profesi Dokter mendapatkan peringkat akreditasi B dari LAMPT Kes. Rektor juga melaporkan, 1261 lulusan dari seluruh Prodi di Lingkungan UISU akan mengikuti proses wisuda yang berlangsung Senin dan Selasa (18 – 19 Desember)

Sedangkan Kopertis Wilayah I Sumut Prof. Dian Armanto, Ph.D pada kesempatan yang sama mengingatkan para wisudawan bahwa persaingan hidup semakin tajam, sebab profesionalisme semakin lama semakin hilang karena itu harus terus meningkatkan pengetahuan.

Ketua Asosiasi  Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Sumut Dr Bahdin Nur Tanjung mengakui bahwa UISU hari ini sudah semakin maju dibanding 264 PTS yang ada di Sumut. UISU ini menurut Bahdin, adalah gurunya PTS lain, sebab UISU adalah PT tertua di Sumut.

Kemajuan yang digapai UISU hari ini terlihat keberhasilannya memperoleh akreditasi B untuk Prodi Kedokteran, penelitian yang semakin meningkat, dan pembangunan gedung  perkuliahan yang semakin representatif. “Untuk itu adalah tidak salah jika kalian memilih UISU sebagai tempat menuntut ilmu pengetahuan,”ucap Bahdin yang juga mantan Rektor UMSU itu dihadapan para wisudawan dan orangtua wisudawan. (adm)