UISU-Universiti Putra Malaysia Jajaki Kerjasama

UISU-Universiti Putra Malaysia Jajaki Kerjasama

MEDAN-Pimpinan Universiti Putra Malaysia (UMP) Prof. Dr Siti Aishah Hasan  bersama sejumlah mahasiswanya melakukan kunjungan silaturrahim ke Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Selasa (14/11). Kunjungan ini merupakan upaya saling menjajaki kerjasama dalam bidang penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengajaran.

Selain UPM hadir juga Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Sumut Dr. Bahdin Nur Tanjung, MM, Rektor ITM, dan sejumlah pimpinan perguruan tinggi swasta lainnya.. Kehadiran para pimpinan perguruan tinggi itu disambut Rektor UISU Prof. Dr Mhd Asaad, Msi, PR I, Dr Liesna Indriani, MPd, PR II Asnawati Matondang, MSP, PR III, Prof. Efendi Barus, Ph.D, PR IV drs H Syaifuddin Elhayat, MA, Ketua Umum Yayasan UISU Prof. Dr. Zainuddin MPd.

Rektor UISU diwakili PR I, Dr Liesna Indriani, MPd ketika menerima tamu dari negeri jiran itu memaparkan tentang sejarah berdirinya UISU sebagai universitas tertua di luar pulau Sumatera, dan telah memperoleh akreditasi B. “Saat ini UISU memiliki 9 (Sembilan) fakultas dan 32 Program Studi, dengan ribuan alumni yang telah menyebar di berbagai daerah dan manca negara,”ucapnya.

Rektor berharap, kunjungan tersebut  selain dapat menjalin silaturrahim juga diharapkan dapat membuahkan hasil kerjasama yang baik di bidang penelitian, pengabdian, dan pengajaran. Selain itu katanya, bisa juga melakukan pertukaran mahasiswa dan dosen.

Ketua APTISI, Dr Bahdin Nur Tanjung, MM pada kesempatan itu juga menegaskan bahwa di Sumut saat ini terdapat 264 PTS, semua PTS yang ada sedang mengalami perkembangan. Bahdin bahkan mendukung PTS di Sumut melakukan penjajakan kerjasama dengan UPM, karena UPM merupakan perguruan besar di Malaysia. Dengan adanya kerjasama ini, katanya, diyakini akan membuat PTS di Sumut akan bisa lebih baik ke depannya.

Prof. Dr. Siti Aisyah pada kesempatan itu memaparakan bahwa Universitas Putra Malaysia  secara formal dikenal sebagai Universiti Pertanian Malaysia atau Sekolah Tinggi Pertanian Malaya atau Sekolah Pertanian diakui oleh penilaian pemerintah independen sebagai salah satu universitas riset terkemuka di Malaysia yang menawarkan program sarjana dan pascasarjana dengan fokus pada bidang pertanian. ilmu dan bidang terkaitnya.

UPM Didirikan pada tahun 1931 sebagai Sekolah Pertanian, kampus utama UPM berada di pusat Peninsular Malaysia , dekat dengan ibu kota, Kuala Lumpur dan di samping ibukota administrasi Malaysia, Putrajaya. UPM sebelumnya dikenal sebagai Universiti Pertanian Malaysia atau Universitas Pertanian Malaysia. Sekarang, UPM menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana di bidang yang paling banyak seperti sains, teknik, kedokteran, kedokteran hewan, bisnis dan ilmu sosial. Program ini mendapat peringkat sebagai universitas terbaik kedua di dunia pada tahun 2017 oleh Quacquarelli Symonds . dan peringkat ke-36 di Universitas Asia Terbaik dan universitas terbaik kedua di Malaysia. tahun 2017 olehQuacquarelli Symonds. dan peringkat ke-36 di Universitas Asia Terbaik dan universitas terbaik kedua di Malaysia. (humas)