UISU PTS Pertama Bentuk Unit Pengumpul Zakat

UISU PTS Pertama Bentuk Unit Pengumpul Zakat

MEDAN-Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) secara resmi menjadi Perguruan Tinggi Swasta Pertama di Sumatera Utara yang memiliki Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Hal itu ditandai dengan prosesi pelantikan Pimpinan UPZ UISU periode 2017-2022 yang dipimpin Dr. Bachtiar Simatupang, SE, MM sebagai Ketua, dr. Saiful Batubara sebagai Sekretaris dan Dra. Hj. Asnawati Matondang, MSP sebagai Bendahara serta Rini Susanti, SE dan Andre Bachri SH masing-masing sebagai anggota. Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Baznas Sumut Nomor: 30/SK/A/2017 yang ditandatangani Ketua Basnas Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Amansyah Nasution MSP

Pelantikan itu langsung dipimpin Ketua Baznas Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Ketua II, Drs. Musaddad Lubis, MAg kemarin (28/9) di Aula Yayasan UISU Jalan SM Raja Medan. Turut hadir dalam acara itu, Ketua Pembina Yayasan UISU, T. Hamdy Oesman Delikhan Al Hajj, Ketua Yayasan UISU yang diwakili  OK Nazaruddin Hisyam MS, Rektor UISU, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, MSi. Selain itu juga hadir, Dr. Lisna Andriany, Prof. Dr. Efendi Barus, Ph.D dan Drs. Syarifuddin Elhayat, MA selaku Pembantu Rektor. Kemudian Ketua Lembaga, Pimpinan Fakultas dan Prodi di lingkungan UISU juga turut hadir dalam proses pelantikan itu.

Rektor UISU, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, MSi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Baznas Provinsi Sumatera Utara yang sudah menerbitkan Surat Keputusan serta memimpin proses pelantikan UPZ UISU Periode 2017-2022. Dikatakan Rektor UISU, terbentuknya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) UISU itu merupakan salah satu langkah maju bagi UISU. Sebab, untuk Perguruan Tinggi Swasta, UISU merupakan yang pertama membentuk UPZ.  “Banyak potensi zakat yang bsia dikelola di UISU, sekarang sudah ada UPZ yang akan bertugas mengelola zakat di lingkungan UISU,”katanya.

Kepada dosen dan pegawai, jelas Rektor, tanda bukti pembayaran zakat dapat digunakan untuk pemotongan pembayaran pajak kepada pemerintah. Apalagi. Jelas Rektor, pembentukan UPZ UISU ini sejalan dengan visi UISU menjadi perguruan tinggi yang Islami, Andal, Teruji, Bermartabat Mulai, Dicintai oleh masyarakat dan diridhoi Allah SWT.

Sementara itu, Ketua II Baznas Provinsi Sumatera Utara, Drs. Musaddad Lubis, MAg dalam sambutan sekaligus sosialisasi usai memimpin proses pelantikan mengatakan bahwa UPZ UISU yang sudah dibentuk dapat mengelola zakat yang terkumpul sesuai dengan golongan penerima zakat yang sudah ditentukan. “Semakin banyak zakat yang terkumpul maka semakin banyak manfaat yang bisa diberikan kepada golongan penerima zakat,”katanya.

Dikatakannya, ada 28 item penyaluran dana zakat yang dapat dilakukan oleh UPZ UISU. “Itu semua dapat disesuaikan dengan kondisi UISU,”ujar Musaddad. Baznas Provinsi Sumatera Utara, kata Musaddad, memiliki 5 (lima) program unggulan dalam hal penyaluran dana zakat. Program Sumut Taqwa yakni membantu perkembangan islam dalam bentuk kegiatan dkwa, pembangunan mesjid dan lain-lain. Program Baznas Cerdas yaknibantuan untuk mahasiswa dalam bentuk beasiswa, studi, tesis dan desertasi. Program Sumut Sumut,  sumut Peduli dan Sumut Makmur. “Semoga ini semua menjadi amal kebaikan dalam rangka memperoleh ridho Allah SWT,”ucapnya. (adm)