9 Prodi UISU Studi Banding ke UII

9 Prodi UISU Studi Banding ke UII

Tingkatkan Pengelolaan Prodi dan Penjaminan Mutu

MEDAN-Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si bersama Rektor UII Yogyakarta, Nandang Sutrisno, SH, LLM, M.Hum, Ph.D menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang kerjasama bidang akademik dan Sistem Penjaminan Mutu di Kampus UII, Sleman Yogyakarta, kemarin (21/8)

Proses penandatanganan yang disaksikan pimpinan dan civitas akademika dari kedua kampus itu langsung dilanjutkan dengan pennandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) tentang kerjasama Bidang Penjaminan Mutu antara Kepala Badan Penjaminan Mutu UII, Kariyam S.Si., M.Si dengan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UISU, Ir. Siti Rahma Sibuea, M.Si

Kegiatan yang berlangsung di gedung Rektorat UII, Sleman Yogyakarta itu bersamaaan dengan pelaksanaan program studi banding 9 (Sembilan) Program Studi di Universitas Islam Sumatera Utara ke Universitas Islam Indonesia untuk menggali lesson learned dari pengalaman prodi UII dalam upaya peningkatan dan pemeliharaan status akreditasi.

Selain itu, studi banding juga diharapkan mampu meningkatkan wawasan bagi prodi asuh dalam hal penyusunan strategi pengembangan, kurikulum, serta penjaminan mutu program studi. Serta  menyelesaikan penyusunan dokumen asesmen diri dan rencana tindak. Adapun sembilan Prodi UISU yang diberangkatkan ke UII yakni Kedokteran, Profesi Dokter, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Sejarah, Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Ekonomi Syariah.

Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai salah satu perguruan tinggi dengan kategori unggul termasuk salah satu dari 26 perguruan tinggi yang mendapatkan amanah dari Dirpenjamu untuk menyelenggarakan Program Asuh Menuju Prodi Unggul di tahun 2017 ini.Secara umum program ini terdiri dari tiga aktivitas, yaitu lokakarya, studi banding, dan magang.

Aktivitas pertama lokakarya telah diselenggarakan di ketiga perguruan tinggi mitra pada bulan Juni dan Juli 2017. Aktivitas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan yang baik terkait sistem penjaminan mutu, membangun sistem penjaminan mutu, dan melaksanakan sistem penjaminan mutu secara konsisten. Peserta dari lokakarya ini adalah pimpinan di level universitas, fakultas, dan prodi serta personil dari lembaga penjaminan mutu dari perguruan tinggi mitra.

Aktivitas kedua adalah kunjungan dari prodi perguruan mitra untuk melakukan studi banding dan selanjutnya akan disusul dengan program magang untuk personil lembaga penjaminan mutu dari perguruan tinggi mitra terkait praktik penyusunan dokumen dan praktik sistem penjaminan mutu di Badan Penjaminan Mutu UII  (adm).