UISU Tawarkan Beasiswa Untuk 40 Mahasiswa

UISU Tawarkan Beasiswa Untuk 40 Mahasiswa

Teks Foto:

Direktur Ekskutif BAN PT, T. Basaruddin, PhD (paling kiri) ketika berkunjung ke UISU beberapa waktu lalu menyampaikan pentingnya Perguruan TInggi untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi sekaligus meningkatkan akreditasi Program Studi dan Institusi. Tampak mendampingi Rektor UISU, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si dan Pembantu Rektor IV, Drs. Syarifuddin Elhayat, MA.

MEDAN- Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menawarkan beasiswa untuk 40 mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di UISU. Beasiswa itu terdiri atas 35 beasiswa Bidikmisi atau Bantuan Pendidikan Miskin Berprestasi dan Bantuan Dana Pendidikan khusus 5 mahasiswa untuk Program Studi Alquran dan hadits. Demikian disampaikan Rektor UISU, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si didampingi Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UISU TA 2017/2018 Drs Abdullah Ari kepada wartawan kemarin.

Dijelaskan Rektor UISU, bahwa kuota 35 beasiswa Bidikmisi merupakan program pemerintah yang disalurkan Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi melalui UISU. Namun ia mengatakan bahwa beasiswa tersebut hanya diperuntukkan untuk 7 (tujuh) Program Studi di UISU. Adapun rincian program studi yang mendapat kuota beasiswa Bidikmisi di UISU yakni 3 mahasiswa untuk Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), 5 untuk Pendidikan Pancasila dan Kewarnegaraan (PPKN), 8 untuk Pendidikan Matematika, 5 untuk Pendidikan Biolofi, 5 untuk Ekonomi Pembangunan , 5 untuk ilmu Komunikasi dan 5 lagi untuk Prodi Ilmu Administrasi Negara (IAN).

Pada kesempatan yang sama Abdullah Ari menjelaskan, calon mahasiswa dapat mengajukan diri untuk mengikuti seleksi penerimaan Bidikmisi secara online melalui web ristekdikti http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.  Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran secara online melalui menu daftar pribadi untuk selanjutnya menginput seluruh data yang diperlukan.

Untuk waktu pendafftaran, berdasarkan jadwal yang dikeluarkan kementerian Ristek Dikti, proses pendaftaran secara online dan offline dapat dilakukan mulai 1 Agustus hingga 30 September 2017.  Pada waktu yang bersamaan akan dilakukan proses seleksi dan penetapan calon penerima beasiswa Bidikmisi 2017.

Selain beasiswa Bidikmisi, Rektor juga mengatakan bahwa Universitas Islam Sumatera Utara memberikan Bantuan Dana Pendidikan kepada 5 mahasiswa untuk Program Studi Alquran dan Hadits di Fakultas Agama Islam UISU. Bantuan dana pendidikan itu diberikan kepada mahasiswa sejak dari awal perkuliahan hingga menyelesaikan studi pendidikan tinggi di UISU.

Untuk kriteria penerima bantuan dana pendidikan itu, panitia akan melalui seleksi dan memberikan prioritas kepada calon mahasiswa yang mampu menghafal Alquran sekurang-kurangnya 5 juzz. “Kita utamakan kepada hafizh dan hafizhah untuk menyelesaikan studi hingga selesai di UISU,”ujarnya. Untuk waktu pendaftaran calon penerima Beasiswa Bantuan Dana Pendidikan, katanya, disesuaikan dengan masa penerimaan mahasiswa baru hingga 2 September 2017 mendatang.

Abdullah Ari yang juga Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) UISU berharap kepada calon mahasiswa atau calon penerima beasiswa dapat langsung datang ke Bagian Pendaftaran Mahasiswa Baru UISU di Biro Rektor Jalan SM Raja Medan untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan proses pendaftaran.

Sedangkan mengenai akreditasi, Abdullah Ari menegaskan bahwa 32 Program Studi yang dikelola 9 Fakultas di UISU semuanya terakreditasi BAN PT. Sebagian besar diantaranya mendapat peringkat B dari BAN PT dan beberapa diantaranya hingga kini masih dalam proses reakreditasi, hal itu bisa dilihat langsung melalui website BAN PT.  Sedangkan untuk Akreditasi Institusi, UISU merupakan salah satu Perguruan Tinggi swasta di Medan yang berhasil mendapat peringkat B untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).