Workshop PKM di UISU Gali Ide Kreatif Mahasiswa

Workshop PKM di UISU Gali Ide Kreatif Mahasiswa

MEDAN- Ratusan mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Kota Medan mengikuti Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di kampus Universitas Islam Sumatera Utara Jalan SM Raja Medan, akhir pekan lalu (28/4). Koperti Wilayah I Sumut diwakili Sekretaris Pelaksana  Dr. Mahriyuni, M.Hum ketika  memberikan sambutan berharap workshop tersebut dapat menjadi ajang pembekalan bagi kreativitas mahasiswa dalam menyampaikan hasil penelitiannya.

“Semua perguruan tinggi seharusnya memotivasi dan ikut berpartisipasi dalam program Kreativitas Mahasiswa,” kata Kopertis dihadapan puluhan mahasiswa dan dosen dari UISU, UMA, UNPAB, Unika St Thomas dan USM Malaysia. Dia menyebutkan bahwa PKM bukan hanya berlaku bagi  PTS tetapi juga telah dilakukan di Perguruan Tinggi Negeri. Tujuan dari kegiatan PKM adalah menumbuhkembangkan karya tulis mahasiswa dalam bentuk penuangan gagasan atau ide kreatif, tambahnya.

Dikatakannya, Kemampuan mahasiswa dalam menulis hasil-hasil penelitian akan menjadi poin penting bagi mahasiswa ketika melamar pekerjaan. Sebab pada masa mendatang, hasil penelitian ini dapat dilihat di web. Kopertis menegaskan bahwa setiap hasil penelitian mahasiswa yang dianggap baik dan telah masuk ke web akan diberikan insentif.

PKM merupakan wahana mahasiswa dalam berlatih menuliskan ide kreatif sebagai respons intelektual atas persoalan aktual yang dihadapi masyarakat. Ide tersebut seyogyanya unik, kreatif dan bermanfaat sehingga idealisasi kampus sebagai pusat solusi dapat menjadi kenyataan.

“Sebagai intelektual muda, mahasiswa umumnya cenderung mampu mengungkapkan fakta sosial, namun melalui PKM, level nalar mahasiswa tidak hanya dituntut sampai sebatas mengekspos fakta tetapi justru harus mampu memberi atau menawarkan solusi,”kata nara sumber Dr Bandung Airysanjoyo M.Ikom.

Ide atau gagasan yang dituang dalam tulisan memiliki gagasan berisi uraikan tentang Kondisi kekinian pencetus gagasan (diperoleh dari bahan bacaan, wawancara, observasi, imajinasi yang relevan),Solusi yang pernah ditawarkan atau diterapkan sebelumnya untuk memperbaiki keadaan pencetus gagasan.

Kemudian seberapa jauh kondisi kekinian pencetus gagasan dapat diperbaiki melalui gagasan yang diajukan,Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu mengimplementasikan gagasan dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya; dan.Langkah-langkah strategis yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan  gagasan sehingga tujuan atau perbaikan yang diharapkan dapat tercapai.

Pembantu Rekor III UISU Prof. Drs Efendi Barus, Ph.D kepada para mahasiswa dapat mengikuti Workshop PKM tersebut dengan sungguh-sungguh sehingga nanti akan dapat menuangkan berbagai ide kreatifnya dalam bentuk tulisan.