FT UISU Gelar Seminar Nasional

FT UISU Gelar Seminar Nasional

FT UISU Hadirkan Pembicara Asal Malaysia

Seminar Peningkatan SDM dan Industri Berbasis Riset Universti

MEDAN

Rektor UISU Prof. Dr.Ir. Mhd. Asaad, M.Si mengapresiasi kegiatan seminar nasional yang dilaksankan Fakultas Teknik UISU dengan menghadirkan dari Perlis Malaysia, Jakarta dan Medan. Demikian sambutan Rektor UISU yang diwakili Pembantu Rektor I, Dr. Liesna Andriany M.Pd sekaligus membuka acara seminar Fakultas Teknik UISU yang dirangkai dengan kegiatan pecan ilmiah kemarin di Aula Yayasan UISU.

Dikatakan Dr. Liesna, forum ilmiah seperti ini harus dapat dimanfaatkan seluruh sivitas akdemika, khususnya dosen dan mahasiswa untuk peningkatakan pemahaman dan keilmuan, khususnya terkait Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Industri berbasis Riset Universiti.

Menurut Dr. Liesna salah satu kekurangan yang terjadi selama ini, adalah proses pengadministrasian dan pendokumentasian seluruh aktifitas akademik yang dilakukan oleh dosen dan peneliti. Untuk itu, ia menghimbau kepada seluruh dosen agar mengupload seluruh kegiatan dan aktivitasnya melalui database yang ada di web www.uisu.ac.id. Dengan demikian, katanya, rekam jejak dan catatan seluruh aktifitas dosen dan peneliti di UISU dapat diketahui secara konkrit.

Dalam pecan ilmiah yang berlangsung 26 hingga 29 April itu setidaknya ada 40 makalah yang akan disajikan dalam kegiatan itu. Untuk itu, Dr. Liesna berharap agar seluruh makalah yang ada di dokumentasikan secara utuh dan dicetak untuk dapat menjadi literature dan bahan bacaan. Baik untuk mahasiswa maupun dosen, khususnya di lingkungan Fakultas Teknik UISU.

Seiring dengan itu, Dekan Fakultas Teknik Ir. H. Abdul Haris MT dalam sambutannya berharap pasca kegiatan seminar, seluruh dosen yang mengikuti kegiatan seminar nasional dan pecan ilmiah dapat menindaklanjuti dengan penulisan jurnal yang ada di kampus. Kepada para pemateri dari Malaysia, Jakarta dan Medan, pihaknya juga berharap dapat bekerjasama dalam hal pengiriman tulisan jurnal untuk kampus masing-masing.

Hadir dalam kegiatan itu, Pengurus Yayasan UISU, Masnun, SH M. Hum, seluruh Dekan di lingkungan UISU, serta jajaran pimpinan Fakultas dan Prodi yang ada di Fakultas Teknik serta mahasiswa Fakultas Teknik UISU. Sedangkan sebagai pembicara yakni Oris Krianto Sulaiman (UISU) dan Adi Widarma (Unimed) dengan judul Sistem Internet of Thing Berbasis Cloud Computing Dalam Campus Area Network. Silvi Ariyanti, Didi Widiya Utama, Samuel Kornelis (Universitas Mercu Buana, dan Tarumanagara) dengan judul Disain Alat bantu Kerja Proses Pencampuran Bahan Kimia pada Pembuatan Busa di PT Alfa Furni Mega Indah.

Sementara Lila Bismala dari UMSU dengan judul Analisis Kondisi Lingkungan Fisik Kerja dan Budaya Kerja 5S Dalam Meningkatkan Produktivitas Pada UKM. Tengku Rubi dari ITM dengan judul Analisa Kestabilan Terowongan  Jalan Menggunakan Metode Empirik dan Analitik di Desa Sibaganding Kab. Simalungun. Hamza Lubis dari ITM dengan judul Potensi Energi P elepah Sawit di Indonesia.

M. Sobron Yamin Lubis dalam makalahnya yang berjudul Aplikasi Rapid Prototyping Dalam Industri Manufaktur memaparkan bahwa perkembangan dalam industri manufaktur tidak hanya menuntut untuk menghasilkan produk yang meiliki kualitas lebih baik dan biaya produksi yang relatif rendah dengan produk yang dihasilkan, namun waktu proses juga menjadi hal yang penting dalam meningkatkan efisiensi. Penggunaan rapid prototyping dapat membantu dalam pengurangan waktu produksi. Proses Rapid Prototyping menghasilkan produk dalam bentuk 3 D tanpa menghasilkan bahan yang terbuang, kata Lubis