Rektor UISU Ingatkan Pentingnya Internalisasi Nilai-nilai Keislaman

Rektor UISU Ingatkan Pentingnya Internalisasi Nilai-nilai Keislaman

Coffe Morning Pimpinan UISU

Rektor UISU Ingatkan Pentingnya Internalisasi Nilai-nilai Keislaman

MEDAN-Rektor UISU, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si mengingatkan kepada seluruh pimpinan untuk bersama-sama membangun UISU dengan melibatkan seluruh civitas akademika yang ada di Universitas dan Fakultas. Salah satunya dengan mengedepankan komunikasi yang efektif baik sesama pimpinan maupun dengan mahasiswa dalam rangka internalisasi nilai-nilai keislaman. Hal itu disampaikan Rektor dalam kata sambutan ketika acara coffe morning di Aula Yayasan UISU, Jalan SM Raja Medan, kemarin (16/4).

Dalam acara itu hadir seluruh pimpinan Universitas, fakultas dan Program studi, Ketua Lembaga di lingkungan UISU serta beberapa pengurus Yayasan UISU. Tampak diantaranya, Ketua Umum Yayasan UISU, Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswa dan Alumni, Prof. Dr. Efendi Baru, Ph.D. Termasuk hadir juga Ketua Ikatan Alumni UISU, Edi Aswari.

Dikatakan Rektor, sebagai Universitas yang besar dan mengelola 32 Prodi, UISU memiliki potensi yang sangat besar. Untuk itulah, katanya, kegiatan coffe morning ini digagas dalam rangka mengkonsoldiasikan seluruh potensi yang ada di UISU. Tujuannya dalam rangka membangun UISU menjadi Universitas yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya secara nasional maupun regional.

Sebagai Universitas yang mengedepankan nilai-nilai keislaman, Rektor mengingatkan pentingnya upaya-upaya internalisasi nilai-nilai keislaman dalam setiap implementasi Catur Dharma UISU. Sebab, kata Rektor, identitas UISU sebagai Universitas yang mengedepankan nilai-nilai keislaman secara tegas tertuang dalam visi dan misi UISU.

Sebagai salah satu upaya upaya konkrit, Rektor mengajak seluruh dosen di UISU untuk mengajak mahasiswanya untuk melaksanakan shubuh berjamaah di kampus. “Setiap dosen wali mengajak 3 mahasiswanya untuk shubuh berjamaah di kampus,”ujarnya. Dengan demikian dipastikan bahwa proses internalisasi nilai-nilai keislaman secara nyata dapat dipraktikkan bersama-sama dan melibatkan ratusan bahkan ribuan mahasiswa UISU.

Rektor juga mengingatkan pentingnya komunikasi antara dosen dengan mahasiswanya sebagai jembatan untuk membahas persoalan-persoalan di fakultas ataupun prodi. Dengan demikian, kata Rektor, protes ataupun persoalan mahasiswa dapat disampaikan secara konstruktif dan tidak menciptakan image yang negative terhadap institusi.

Selain Rektor, acara coffe morning yang berlangsung secara kekeluargaan itu juga diisi dengan saran dan masukan dari peserta yang hadir. Diantaranya, Dekan Fakultas Teknik, Ir. Abdul Haris yang menyampaikan perlunya peningkatakan fasilitas untuk mahasiswa dan dosen di fakultas sebagai bentuk pelayanan dalam rangka implementasi Catur Dharma di Fakultas. Sedangkan Ketua IKA UISU, Edi Aswari menyampaikan perlunya kesamaan persepsi dan langkah antara seluruh pimpinan, baik di Universitas maupun di tingkat Yayasan dalam rangka memikirkan UISU yang lebih baik ke depan.

Rencananya acara coffe morning  ini akan menjadi agenda rutin sebagai ajang silaturahmi seluruh pimpinan di UISU. Mulai dari pimpinan di Universitas, pimpinan Fakultas. Pimpinan Prodi dan Lembaga di lingkungan UISU. Dengan demikian persoalan-persoalan yang ada dapat dibahas secara tuntas dengan melibatkan seluruh pimpinan