Wakil Ketua MPR-RI Osman Sapta Odang:  Hari Ini Kebangkitan UISU

Wakil Ketua MPR-RI Osman Sapta Odang:  Hari Ini Kebangkitan UISU

FK UISU Gelar Indonesian Medical Student Summit ke-5

MEDAN-

Wakil Ketua MPR RI Dr (Hc) Osman Sapta Odang mengatakan bahwa hari ini merupakan kebangkitan Universitas Islam Sumatera Utara, khususnya Fakultas Kedokteran yang telah berhasil menggagas pelaksanaan Indonesian Medical Student Summit (IMSS) ke-5 yang dirangkai dengan sosialisasi empat. Hal itu disampaikan Osman saat membuka acara yang digagas BEM Fakultas Kedokteran UISU di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumatera Utara, kemarin (17/2).

Hadir dalam acara itu, Ketua Umum dan Sekretaris Umum Yayasan UISU, Prof. Dr. Zainuddin M.Pd dan Mhd. Idris, SH, MH. Hadir juga Rektor UISU, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si didampingi Pembantu Rektor yakni Dr. Dra. Liesna Andriany dan Prof. Dr. Efendi Barus, Ph.D. Sedangkan mewakili Gubernur hadir Sekdapropsu, H. Hasban Ritonga, SH dan pimpinan SKPD di jajaran Pemprovsu.

Wakil Ketua MPR dalam sambutannya menegaskan bahwa dirinya sering menghadiri sosialisasi di kampus-kampus. “Biasanya yang mengudang dari fakultas ilmu social, politik dan lain-lain. Tapi ini beda yang mengundang dari Universitas Islam Sumatera Utara, terlebih dari Fakultas Kedokteran. Ini adalah kebangkitan Universitas Islam Sumatera Utara, kebangkitan yang  dimulai dari Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Sumatera Utara,”katanya disambut dengan tepuk tangan mahasiswa dari peserta yang hadir.

Untuk itu, ia berharap agar moment ini menjadi awal untuk perbaikan dan kemajuan bagi UISU dan fakultas kedokteran pada masa yang akan datang. Ia juga  mengajak seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran se-Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) untuk bersama-sama mengatasi persoalan bangsa saat ini. Salah satu persoalan krusial yang membutuhkan peran dokter adalah mengatasi ketergantungan terhadap narkoba yang menghantam generasi saat ini. “Ada kelompok yang tidak suka melihat kita maju dan merusak Negara ini melalui narkoba yang akan merusak pola fikir generasi muda dan kepribadian bangsa,”tegasnya.

Sementara itu, Rektor UISU Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terimakasi kasih atas kehadiran Wakil Ketua MPR RI, Osman Sapta Odang yang bersedia membuka kegiatan ISMKI dan BEM FK UISU. Rektor UISU mengatakan bahwa saat ini UISU merupakan salah satu  Universitas yang sudah berhasil meraih Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan peringkat B.  Hal itu sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) UISU yang sudah mulai tahun 2011-2042.

Selain itu, jelas Rektor, dari 32 Program Studi yang ada di lingkungan UISU sebagian besar kini sudah berhasil meraih perangkat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Ristek Dikti dan sebagian lagi masih dalam proses  Reakreditasi. Pada tahun 2017 ini, kata  Rektor, khusus untuk Akreditasi Pendidikan dan Profesi Dokter pihaknya akan mengajukan rekareditasi. Sesuai RIP UISU, pihaknya berharap di tahun 2017 dan 2018 beberapa Program Studi di UISU mendapat peringkat Akreditasi A dari BAN PT.

Acara pembukaan IMSS yang dibuka oleh Wakil Ketua MPR RI Osman Sapta Odang dilanjutkan dengan sosialisasi empat pilar dan dirangkai dengan diskusi panel yang menghadirkan Menteri Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Ri, Puan Maharani, Menteri Kesehatan Ri, Prof. Dr. Dr. Nila D. F Moeloek, Spm (K), Menteri Keuangan Ri Sri Mulyani, Se,. M.Sc,. Ph.D Serta Direktur Utama Bpjs Kesehatan Ri, Prof. Dr. Fachmi Idris. M.Kes. Diskusi panel yang akan dihadiri perwakilan BEM Fakultas Kedokteran se-Indonesia itu akan digelar di Kampus Fakultas Kedokteran UISU Jalan STM Medan. (rel)