UISU Tumbuhkan Wirausahawan Pemula

Pemerintah Apresiasi Peran UISU Tumbuhkan Wirausahawan Pemula

UISU Kelola Rp75 Dana Program Bekerja Belajar Terpadu Dikti

 Medan

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Sumatera Utara M Zein Siregar mengapreasiasi peran serta Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dalam menumbuhkan wirausahawan pemula dari kalangan mahasiswa, karena ini sejalan dengan program pemerintah untuk menggalakkan sektor usaha.

 Apresiasi disampaikan Zein, ketika menerima audiensi Ketua Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan (P2K2) UISU Deni Faisal Mirza serta 10 mahasiswa UISU yang lulus program Bekerja Belajar Terpadu difasilitasi Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, di kantornya, Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (26/9) “Kami berterima kasih atas peran serta perguruan tinggi, khususnya UISU, yang mau membantu pemerintah dalam menumbuhkan kewirausahaan di kalangan masyarakat, khususnya mahasiswa,” kata Zein.

 Dikatakan, pihaknya pun tengah intens masuk kampus untuk memberi pelatihan dan pembinaan dalam rangka menciptakan wirausahawan pemula. “Kita ketahui, selama ini lulusan S1 pun banyak yang belum siap pakai. Setelah tamat, mereka bingung mau bekerja apa, ataupun jika berwirausaha belum tahu betul seluk-beluk usaha yang dijalani, sehingga kerap gagal. Makanya kegiatan yang dilakukan P2K2 UISU ini sangat bagus dalam rangka melakukan pembinaan kepada generasi muda yang ingin mengetahui lebih mendalam soal bidang usaha,” ujar Zein yang didampingi Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Mardiana.

 Sebelumnya, Ketua P2K2 UISU Deni Faisal Mirza menyampaikan, kehadiran mereka untuk meminta dukungan Diskop UKM Sumut sehubungan akan segera dijalankannya program Bekerja Belajar Terpadu. Pihaknya berharap pihak dinas ikut memberi arahan serta bimbingan kepada peserta program ini.

Deni menjelaskan, UISU menjadi satu dari tiga perguruan tinggi di Sumut yang memenangkan program Bekerja Belajar Terpadu dari Departemen Pendidikan Nasional.

 Dari kementerian, UISU mendapat dana hibah sebesar Rp 75 juta bagi 10 mahasiswa yang menjalani magang di perusahaan industri atau UKM selama tiga bulan. Dana tersebut di antaranya untuk pengganti transport peserta, tenaga pendamping dari kalangan dosen, serta biaya-biaya lain termasuk sosialisasi dan pembekalan. “Mahasiswa yang mengikuti program ini telah berada pada semester VII, VIII atau IX atau minimal sudah menyelesaikan 110 SKS. Mereka telah lulus seleksi mulai dari seleksi administrasi, wawancara hingga psikotest. Diharapkan mulai awal Oktober mendatang sudah turun ke masing-masing tempat usaha,” kata Deni yang dalam audiensi tersebut turut menyertakan sejumlah tenaga pendamping dan staf P2K2 UISU.

 Dijelaskan pula, UKM yang menerima mahasiswa magang hanya dibebani 25% dari jumlah honor yang harus dibayarkan kepada mahasiswa tersebut, karena selebihnya ditanggung kementerian. “Keuntungannya, mereka mendapatkan tenaga kerja skill yang bisa bekerja penuh selama tujuh jam per hari dengan hanya membayar 25% dari honor. Selain itu akan terjadi transfer ilmu, mahasiswa mendapat pengalaman bekerja, sementara UKM terbantu oleh kemampuan mahasiswa dalam hal administrasi, pemasaran, teknologi informasi dan sebagainya,” papar Deni.

 P2K2 UISU pun sudah mempersiapkan sejumlah UKM binaan yang akan menampung mahasiswa mengikuti program ini. Mulai yang bergerak di bidang produksi makanan, pakaian, disain, hingga percetakan. “Dengan program ini diharapkan semangat wirausaha di kalangan mahasiswa tumbuh. Sekembali dari kegiatan ini, mereka bisa terinspirasi untuk membangun usaha sendiri sehingga tidak terpaku pada upaya mencari kerja,” katanya. Sementara bagi P2K2 UISU, diharapkan program awal ini bisa berhasil sehingga bisa berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya.  (rel)

p2k-audiensi

Kepala Diskop UKM Sumut M Zein Siregar didampingi Kabid Kelembagaan Koperasi Mardiana, berbincang dengan Ketua P2K2 UISU Deni Faisal Mirza serta tenaga pendamping dan mahasiswa yang lulus program Bekerja Belajar Terpadu, ketika beraudiensi ke kantor Diskop UKM Sumut, Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (26/9)

p2k-foto-bersama

FOTO BERSAMA Ketua P2K2 UISU Deni Faisal Mirza, tenaga pendamping serta para mahasiswa yang lulus program Bekerja Belajar Terpadu, foto bersama Kepala Diskop UKM Sumut M Zein Siregar didampingi Kabid Kelembagaan Koperasi Mardiana, ketika beraudiensi ke kantor Diskop UKM Sumut, Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (26/9)