UISU dan Perpustakaan Nasional MoU Untuk Meningkatkan Kompetensi Dosen & Mahasiswa

MoU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teks:
Rektor UISU, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si dan Kepala Perpustakaan Nasional RI, Dra. Sri Sularsih, M.Si memperlihatkan dokumen Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah ditandatangani di Gedung A, Ruang Teater Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) Jalan Salemba Raya Jakarta, Rabu (30/3)

Medan,

Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) sepakat melakukan kerjasama dalam rangka meningkatkan hubungan kelembagaan dalam melaksanakan kegiatan pelayanan, pengembangan, dan pembinaan perpustakaan di lingkungan masing-masing.

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor UISU, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si dengan Kepala Perpustakaan Nasional RI, Dra. Sri Sularsih, M.Si Di Gedung A, Ruang Teater PNRI Jalan Salemba Raya Jakarta, Rabu (30/3). Hadir juga dalam penandatanganan itu, Pembantu Rektor IV, Dra. Asnawati Matondang, MSP dan Kabag Kerjasama dan Kelembagaan, Zakaria SIregar, S.Sos., MSP.

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Dra. Sri Sularsih, M.Si dalam sambutannya mengatakan acara yang dirangkai dengan peluncuran situs web perpustakaan diharapkan menjadi awal bagi kerjasama dengan lembaga-lembaga mitra Perpustakaan Nasional RI. Untuk itu diharapkan dalam waktu yang akan datang ada tindaklanjut kerjasama yang lebih teknis dalam bentuk kegiatan bersama.

Sementara itu, Rektor UISU Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, MSi usai penandatanganan MoU mengatakan bahwa jalinan kerjasama antara UISU dan PNRI merupakan awal yang baik untuk perbaikan dan kemajuan UISU, khususnya dalam bidang kepustakaan. Untuk itu, pihaknya menegaskan UISU secepatnya akan pengkajian secara mendalam guna menentukan kerjasama teknis yang memungkinkan antara UISU dan PNRI.

Bagi UISU, kata Rektor UISU, kerjasama dengan PNRI sangat bermanfaat untuk peningkatan komptensi dan kemampuan dosen serta mahasiswa. Salah satunya memanfaatkan jurnal nasional dan internasional untuk kegiatakan penulisan karya ilmiah dan penelitian.

Setidaknya ada 6 (enam) ruang lingkup kerjasama yang disepakati yakni: a) Pengembangan Sumber Daya Manusia; b) Pertemuan Ilmiah, penelitian dan publikasi bersama dalam bidang perpustakaan; c) Pertukaran data catalog perpustakaan; d) Pengembangan dan pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan; e) Perhimpunan dan pelestarian Karya Cetak Karya Rekam; f) Perluasan jejaring perpustakaan lingkup nasional dan internasional.

Selain UISU, Perpustakaan Nasional juga melakukan penandatanganan MoU dengan 15 lembaga dari berbagai daerah, diantaranya; Pemerintah Kota Padang Panjang, Universitas Trisakti Jakarta, Universitas Andalas, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, dan IAIN Antasari Banjarmasin. Acara tersebut juga dirangkaikan dengan acara peluncuran situs web Perpusatakaan Nasional dan pemutaran serta diskusi film Karya Usmar Ismail yang berjudul Darah dan Doa.

Usai penandatanganan MoU, acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Dra. Sri Sularsih, M.Si kepada masing-masing lembaga mitra termasuk UISU. Kemudian, Rektor UISU Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, MSi juga menyerahkan plakat kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI, Dra. Sri Sularsih, M.Si sebagai bentuk ucapan terimakasih dan awal kerjasama antara kedua lembaga