Kemenristek Dikti Sosialisasi Pengusulan NIDN di UISU

Kemenristek Dikti Sosialisasi Pengusulan NIDN di UISU

Medan,
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia melalui Direktur Karir dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd,. M.A menggelar sosialiasasi tentang pengusulan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) di Kampus UISU, Selasa (15/3) sore. Pertemuan yang langsung dipandu, Rektor UISU Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad , M.Si itu dihadiri oleh seluruh Dekan dan Ketua Program Studi serta dosen tetap yayasan di lingkungan UISU.

Selain itu, hadir dalam pertemuan tersebut Koordinator Kopertis Wilayah I, Prof. Dr. Dian Armanto, M.Pd., M.A., Ph.D serta Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd serta pimpinan UISU lainnya seperti Dr. Dra. Liesna Andriany, M.Pd selaku Pembantu Rektor I, Ir. Mhd. Nuh, M.Si selaku Pembantu Rektor II, Prof. Dr. Effendy Barus, Ph.D selaku Pembantu Rektor III, Dra. Asnawati Matondang, MSP selaku Pembantu Rektor IV dan Dra. Syarifuddin Elhayat, MA sebagai Pembantu Rektor V.

Dalam pertemuan itu, Prof. Bunyamin menjelaskan secara detail tentang persyaratan registrasi tenaga pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta. Dikatakannya, selain Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) juga dapat mengusulkan Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK) dan Nomor Urut Pendidik (NUP). Ditegaskan Prof. Bunyamin pemerintah berkomitmen untuk memberikan perhatian terhadap tenaga pendidik di Perguruan Tinggi. Salah satunya dengan menghargai keberadaan tenaga pendidikan melalui registrasi dalam bentuk pemberian NIDN, NIDK dan NUP.

Bahkan dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 26 tahun 2016 tentang Registrasi Pendidik Pada Perguruan Tinggi dimungkinkan untuk perubahan dari NUP ke NIDK dan ke NIDN. Untuk itu, pihak berharap agar dosen Perguruan Tinggi Swasta dapat mengurus NIDN, NIDK ataupun NUP secara online.

Pada pertemuan itu, beberapa dosen dan pimpinan Fakultas juga sempat melakukan tanya jawab dengan Prof. Bunyamin terkait syarat pengurusan NIDN dan perpindahan hombase NIDN dosen. Prof. Bunyamin menjelaskan secara jelas bahwa pihaknya memiliki prosedur dan standar kerja untuk memvalidasi pengusulan NIDN, NIDK dan NUP.

Diakhir pertemuan, Rektor UISU, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si mengucapkan terimakasih atas kehadiran Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd,. M.A ke UISU untuk langsung berdialog dengan Pimpinan Fakultas dan Program Studi serta dosen tetap Yayasan. Rektor UISU juga menyerahkan cinderamata berupa plakat UISU kepada Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd,. M.A sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terimakasih atas kehadirannya di UISU.

foto bersama Rektor-Maftuh

Keterangan Foto: Rektor UISU, Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si bersama Direktur Karir dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Ristek Dikti Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd,. M.A, Koordinator Kopertis Wilayah I, Prof. Dr. Dian Armanto dan Ketua Umum Yayasan UISU, Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd dan Dra. Leli Afriana, MAP foto bersama usai acara sosialisasi pengusulan NIDN di Kampus UISU, Jalan Sm Raja Teladan Barat Medan, Selasa (15/3)