Workshop Kerangka Kualifikasi  Nasional (KKNI)

Workshop Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI)

Universitas Islam Sumatera Utara melaksanakan Workshop Kerangka Kualifikasi  Nasional (KKNI)  pada tanggal 6 Juni 2015 di Hotel Garuda Plaza Jalan Sisingamangaraja Medan.

Ketua Panitia Dr. Liesna Andriany, M.Pd melaporkan bahwa peserta sebanyak 120 orang terdiri dari dosen dan pejabat struktural meliputi  29 Program Studi (25  Strata Satu/S1,  3 Strata Dua/Magister dan 1 Profesi dokter) dilingkungan  UISU.

Nara Sumber  Dr. Ir. Endrotomo, M. Sc (Ketua Tim Ahli KKNI Pusat Kemenristek Dikti) dan  Moderator Dr. Ir. Tri Martial, M.P. (Ketua Lembaga Penjamin Mutu UISU)

Koordinator KopertisWilayah I Sumatera Utara yang diwakili Sekretaris Pelaksana Bapak Drs. Rudi K Nababan, M. Si sekaligus membuka workshop ini menyampaikan bahwa Universitas Islam Sumatera Utara kedepan tidak harus bersusah payah mencari mahasiswa dengan syarat harus aktual Laporan PDPT nya,memperbaiki kualitas dan proses pendidikan dan menuju Universitas Penelitian terkemuka sesuai Miles Stone UISU.

Rektor UISU dalam sambutannya menyampaikan bahwa diharapkan pada tahun 2016 UISU sudah bisa mengimplementasikan KKNI sesuai kompetensi yang direncanakan.

Nara Sumber   Dr. Ir. Endrotomo, M. Sc menjelaslan  Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yang selanjutnya disingkat KKNI, adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. • KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri Perguruan Tinggi Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang dimiliki  sesuai kualifikasi  1 –  9

Capaian Pembelajaran (learning outcomes) adalah  internalisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan,  pengetahuan praktis, keterampilan, afeksi, dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja. Deskripsi Kualifikasi pada KKNI merefleksikan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang peroleh seseorang melalui jalur • pendidikan • pelatihan • pengalaman kerja • pembelajaran mandiri. Realisasi Capaian Pembelajaran dan Kompetensi/kemampuan Lulusan  adalah pengakuan pihak luar akan kemampuan bagi lulusan perguruan Tinggi .

Peserta Workshop dibagi menjadi Tiga Kelompok dan masing masing Kelompok mempresentasikan Kompetensi Lulusan masing masing Program Studi berbasiskan KKNI. Sesuai dengan Sambutan Rektor yang merencanakan bahwa efektifnya UISU sudah mengimplementasikan KKNI tahun 2016

Peserta terdiri dari Pembantu Dekan I, Tim Borang Prodi, Ka Prodi, Ketua LPM, Ketua LPPM, Humas dan  P2K2,

Rektor UISU menutup acara Workshop pukul 17.00 dengan menghasilkan Kurikulum berbasis KKNI bagi Program Studi dilingkungan UISU. Dan diharapkan tahun 2016 sudah  dapat diimplementasikan