UISU Tuan Rumah Seminar Penelitian Internasional

UISU Tuan Rumah Seminar Penelitian Internasional

          Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) akan menjadi tuan rumah seminar internasional yang mengupas hasil-hasil penelitian dari berbagai disiplin ilmu. Seminar tersebut hasil kerjasama UISU dengan Universitas Sains Malaysia (USM) dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh.

            Ketua Panitia Prof Jumino Suhadi melalui Sekretaris Prof Nurhayati kepada wartawan di kampus UISU, Jalan Karya Bakti Medan, Kamis (28/8) mengatakan, seminar akan berlangsung dari tanggal 16 sampai 18 Oktober 2014 di Hotek Madani Syariah Medan, rencananya menghadirkan tiga pembicara utama (keynote spreaker) masing-masing dari UISU sendiri, Malaysia dan Amerika Serikat.
“Sementara peserta yang sudah mengonfirmasi kehadirannya juga berasal dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Nigeria, Pakistan, Thailand, India, Singapura, Iran, serta Filipina. Dari Nigeria, bahkan direncanakan hadir 10 orang dengan dipimpin penasihat presiden mereka,” kata Nurhayati yang didampingi Kepala Humas UISU Drs Almatsyah.

        Nurhayati yang juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UISU kembali menjelaskan, seminar internasional ini merupakan bagian dari kegiatan kerjasama yang dijalin antara UISU, USM dan Unsyiah, dan ini seminar yang ketiga kali setelah tahun 2012 di USM dan 2013 di Unsyiah.

          Seminar ini memang mengupas berbagai hasil penelitian dari berbagai disiplin ilmu, seperti sains dan teknologi, bio-sains yang meliputi antara lain biologi, kimia, fisika, matematika, pertanian dan kesehatan, lalu sosial serta sosial terapan.
“Makanya, keynote speaker nanti juga akan menghadirkan bahasan dari bidang ilmu yang berbeda. Termasuk peserta, akan dibagi untuk mengikuti materi bahasan sesuai bidang ilmu masing-masing,” jelas Nurhayati.

            Disebutkan, tiga keynote speaker tersebut masing-masing Prof Paitoon M Chaiyanara PhD dari Nanyang Technological University Singapore membawakan materi berjudul “Verb Serialization in Singapore Malay Dialect”. Lalu Susanto Saman SS Mhum PhD dari Fakultas sastra UISU dengan makalah berjudul “Analizying the Discriminatory Potential Used in Indonesian Speaker Verification System”, serta Prof Dr Mustafa Fadzil Farid Wajidi dari USM dengan makalah berjudul “Dengue and Aedes Mosquito : What Avenues Do We Have Left?”.

            Karena kapasitas ruang terbatas, panitia membatasi hanya 125 peserta yang mengikuti seminar ini. Sementara saat ini sudah sekitar 108 orang yang mendaftar. Panitia menetapkan biaya seminar yang bisa dilihat di website panitia icmr2014.uisu.ac.id atau bisa menghubungi panitia di LPPM UISU. “Selain seminar, untuk peserta yang berminat kami menggelar acara tambahan berupa tur ke Danau Toba. Dalam hal ini, banyak juga peserta yang berminat terutama peserta dari luar negeri dan luar Provinsi Sumatera Utara, yang belum pernah berkunjung ke Danau Toba,” sambung Nurhayati, seraya menyebutkan peserta dari luar provinsi yang bakal hadir di antaranya dari Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Bengkulu, Aceh dan lain-lain.Sementara selaku Ketua LPPM UISU, Nurhayati mengatakan, pihaknya terus melakukan upaya untuk meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa perguruan tinggi ini dengan melakukan kegiatan-kegiatan, termasuk yang bekerja sama dengan berbagai institusi dari dalam dan luar negeri.

         Khusus dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, Nurhayati mengatakan, pada tahun 2013 kalangan UISU berhasil mendapatkan hibah dana dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Ditjen Dikti) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan , masing-masing untuk 10 judul penelitian dan dua pengabdian masyarakat.
“Sedangkan tahun ini, yang sudah diumumkan empat judul penelitian dan satu pengabdian. Belum termasuk pengajuan lain yang belum diumumkan, mudah-mudahan jumlahnya lebih banyak, seiring telah dilakukannya penyatuan UISU

Prof Dr Nurhayati beri keteranganSekretaris Panitia Prof Dr Nurhayati didampingi Kabag Humas UISU Drs H Almatsyah MAP memberi keterangan tentang UISU Tuan Rumah Seminar Internasional Multi Penelitian bekerjasama dengan Universiti Sain Malaysia,dan Unsyiah Banda Aceh.