Pangdam I/BB, “Jangan Cubit UISU”

Pangdam I/BB, “Jangan Cubit UISU”

pangdam (1)
MEDAN (Warta UISU):Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari Subagio SE MM pada hari Senin lalu di kampus Jalan Karya Bakti Medan memberikan kuliah umum di hadapan para mahasiswa UISU mengenai wawasan kebangsaan, sekaligus juga melakukkan  penandatangan MoU antara Rumah Sakit Kodam I/BB dengan Fakultas Kedokteran  Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).
Kehadiran Pangdam I/BB di kampus UISU dinilai sebagai bentuk kepedulian TNI AD terhadap dunia pendidikan, sekaligus memberi kesempatan yang seluas bagi mahasiswa koas FK UISU untuk mendapatkan praktik langsung di Rumah Sakit Kodam I/BB Jalan Puti Hijau Medan.
Pangdam I/BB Istu Hari Subagio SE MM menegaskan MoU Ini merupakan silaturrahmi yang menjadikan UISU dan Pangdam I/BB bersaudara. Jika sudah bersaudara, bila satu tersakiti maka yang satunya lagi akan tersakiti. Jika UISU tercubit maka Pangdam juga tercubit.

Pada ceramah di hadapan mahasiswa dijelaskannya juga bahwa  wawasan kebangsaan para generasi muda kita pada saat ini sangat memprihatinkan, bahkan bisa dikatakan sudah luntur dan hampir berada dititik terendah pada diri kalangan generasi muda sebagai penerus bangsa, bahkan lebih memprihatinkan lagi ada sekelompok anak bangsa yang rela dan dengan tidak merasa bersalah menjual negara ini kepada bangsa lain hanya untuk mendapatkan popularitas, kedudukan ataupun materi.

Lebihlanjut disebutkannya bangsa Indonesia yang dibangun oleh para pendahulu kita 69 tahun yang lalu, dilandasi atas rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi untuk mewujudkan cita-cita bersama yaitu masyarakat adil dan makmur.


Melihat perkembangan wawasan kebangsaan yang dimiliki anak-anak bangsa pada saat ini, dapat dipastikan negara kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini akan terpecah-pecah dan pada gilirannya akan memuahkan kekuatan asing masuk ke wilayah kita seperti terjadi di jaman penjajahan. Ketika itu bangsa kita ditindas, diperas dan dibelenggu kebebasan hak-haknya. Dengan semangat persatuan dan kesatuan bangsa ini dikemudian bangkit bersatu padu mengusir penjajah.

Menyimak keadaan wawasan kebangsaan kita yang pada saat ini sangat memprihatinkan, ucapnya, sepatutnya bangsa ini sepakat untuk memantapkan kembali nilai-nilai kebangsaan yang sudah longgar itu. “Kita perlu suatu landasan yang kuat dan konsepsional untuk membangun kembali persatuan dan kesatuan bangsa dan jiwa nasionalisme yaitu “Wawasan Kebangsaan”,” tegasnya.

Membahas wawasan kebangsaan, lanjutnya, harus dimulai dari nilai-nilai yang dibangun oleh para pendahulu dan pendiri bangsa ini. Mereka telah menanamkan nilai-nilai persatuan dan mencetuskan “Sumpah Pemuda” yang kemudian menjadi embrio dari wawasan kebangsaan yaitu “satoe noesa, satoe bangsa dan satoe bahasa yaitu Indonesia”.

Sebelumnya Rektor UISU Dr Ir Mhd Asaad MSi dalam sambutannya mengatakan sejak tanggal 11 September 2013, dengan ketegasan Koordinator Kopertis Wilayah I Prof Dr Dian Armanto UISU hanya satu yaitu UISU Medan.

“Atas telah bersatunya UISU, untuk itu marilah kita bersama-sama bersyukur kepada
Allah SWT serta membulatkan tekad secara bersama-sama untuk menjadikan UISU kembali besar seperti pada masa jayanya dulu,” ujarnya.

Karena adanya penyatuan UISU tersebut, ungkap Mhd Asaad, mahasiswa kedokteran UISU pada saat ini menjadi yang terbanyak dibandingkan perguruan tinggi swasta lainnya.

Selanjuya Mhd Asaad mengucapkan terima kasih kepada Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari Subagio SE MM, yang telah mau bekerjasama dan memberikan kuliah umum di kampus UISU ini membuktikan TNI AD peduli terhadap dunia pendidikan. 
Atas kerjasama yang dilaksanakan antara FK UISU dan Rumah Sakit Kodam I/BB, Mhd Asaad berharap mahasiswa koas FK UISU dapat diberikan kesempatan yangseluas-luasnya dalam kerjasama ini.


Acara diakhiri dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara FK UISU dengan Rumah Sakit Kodam I/BB dilaksanakan oleh Dekan UISU dr H Aswin Soefi Lubis MSi PA dan Kepala RS Kodam I/BB Kol CKM dr Chairul Akmal SpTHT MM disaksikan oleh Rektor UISU Dr Ir Mhd Asaad MSi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari Subagio SE MM dan Ketua Pembina Yayasan UISU T Hamdy Osman Delikhan Al Hajj.