UISU Jalin Kerjasama dengan Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir Riau

teks foto:
Rektor UISU Dr Ir Mhd Asaad MSi  didampingi PR I Syofyan SE MSi menyerahkan cenderamata kepada Zulkifli perwakilan Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir Riau.

cendUISU Jalin Kerjasama dengan  Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir Riau
*Dekan FK UISU: Apresiasi MoU, untuk Pemerataan Tenaga Dokter di Daerah

Medan, (warta uisu) – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) menyambut baik (apresiasi-red) penandatanganan kerjasama (MoU) yang dilaksanakan Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir Riau dengan UISU dalam hal pengiriman putra-putri terbaiknya untuk dididik di FK UISU.
Ungkapan tersebut disampaikan Dekan FK UISU dr. Aswin Soefi, MSi.PA kepada wartawan di ruang kerjanya, setelah acara penandantanganan kerjasama antara Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir Riau  dengan UISU di ruang rapat FK UISU, Rabu (26/3).
Lebihlanjut disebutkannya, dengan adanya kerjasama tersebut otomatis mahasiswa yang belajar di FK UISU melalui beasiswa Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir Riau, setelah tamat nantinya dengan sukarela bersedia ditempat-tempatkan di daerah-daerah terpencil di daerah tersebut. Sehingga kekurangan tenaga dokter di daerah-daerah terpencil seperti yang terjadi selama ini dapat tertutupi.
“Selama mahasiswa yang lulus di fakultas kedokteran enggan ditempat didaerah-daerah, apalagi daerah terpencil, dengan adanya kerjasama ini tidak ada alasan lagi bagi dokter yang baru lulus melalui beasiswa tersebut untuk menolak ditempatkan di daerah-daerah terpencil, karena secara tidak langsung dia sudah terikat perjanjian dengan pemerintah daerah yang mengutusnya,” ujarnya
Dengan demikian, sebutnya, pemerataan tenaga dokter terutama untuk daerah-daerah terpencil akan dapat terpenuhi, sehingga tidak ada lagi daerah yang mengeluh tidak punya dokter.
Sebelumnya Rektor UISU Dr Ir Mhd Asaad MSi dalam sambutannya mengatakan para mahasiswa yang dikirim ke FK UISU untuk dididik hendaknya diharapkan merupakan putra-putri terbaik dari Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir Riau, sehingga dengan demikian kerjasama ini akan berjalan dengan baik.
“Kita sangat berharap putra-putri yang dikirim Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir Riau merupakan yang terbaik nantinya, sehingga pelaksanaan program belajar dan mengajar di FK UISU dapat berjalan dengan baik serta tidak menyalahi aturan yang telah ditetapkan dikti,” ujarnya.
Diungkapkannya, melalui telah terjalin kerjasama nantinya mahasiswa yang dikirim oleh  Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir tetap akan mengikuti test melalui Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Swasta (UMB PTS), sama dengan calon mahasiswa baru lainnya.
Sementara Tim Hibah Dana Pendidikan Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir Zulkifli menyebutkan untuk meningkatkan sumber daya manusia (sdm) di daerahnya. Selain itu untuk mengatasi kekurangan tenaga dokter di Kabupaten Rokan Hilir.
“Kita akan kirimkan putra-putri terbaik di daerah kita untuk belajar di FK UISU, semua biaya di tanggung Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir Riau,” tuturnya. (014)