UISU – Gawi Plantation Kerja Sama Rekrut Tenaga Kerja

Medan (Humas UISU) – Medan. 20131122104734_107Ada kalanya satu perusahaan membutuhkan tenaga kerja dengan kualifikasi tertentu, namun tidak terpenuhi disebabkan lemahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) termasuk lulusan strata satu (S1). Untuk menyiasati kondisi tersebut, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) kampus Karya Bakti bekerjasama dengan Gawi Plantation Group bekerjasama mempersiapkan calon tenaga kerja yang mampu memenuhi kebutuhan perusahaan.
Rektor UISU diwakili Pembantu Rektor (PR) I, Syofyan SE MSi didampingi PR II Drs H Yanhar Jamaluddin MAP dan Coorporate Chief Director Gawi Plantatiom Group, Farid Makruf, mengungkapkan hal tersebut usai pertemuan antara kedua belah pihak di gedung Fakultas Kedokteran UISU, baru-baru ini.
“Dalam hal ini UISU membentuk satu tim perumus yang bertugas menyusun strategi, apa yang dibutuhkan stakeholder terhadap para lulusan UISU di semua disiplin ilmu untuk bisa direkrut menjadi tenaga kerja,” katanya Kamis (14/11).
Tim perumus terdiri dari perwakilan seluruh program studi di UISU. Menurutnya, kesempatan ini harus dimanfaatkan sehingga kebutuhan stakeholder dapat dipenuhi sesuai dengan program studi dan kurikulum yang ada di UISU.
Syofyan memberikan apresiasi kepada Kepala Pusat pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan (P2K2) UISU, Ir Deni Faisal Mirza MM, yang menggagas kerjasama ini, dengan menyinergikan kebutuhan stakeholder dengan akademisi. Dia mengharapkan pertemuan ini tidak sebatas formalitas, tetapi ada kelanjutannya.
Deni mengungkapkan, dalam rekrutmen tenaga kerja yang telah dilaksanakan UISU dengan menggandeng beberapa perusahaan, hanya 30% sarjana asal UISU yang memasukkan lamaran. Jelas dia merasa prihatin, untuk itu berpikiran perlu UISU memotivasi para sarjana yang mempunyai potensi agar memanfaatkan peluang seperti ini.
Padahal, sambung Deni, menurut manager HRD di beberapa perusahaan, UISU masih termasuk dalam kategori yang terbaik di antara 50 PTN/PTS yang melaksanakan rekrutmen tenaga kerja, karena sesuai apa yang diharapkan perusahaan.
Pertemuan diakhiri penyerahan cinderamata oleh PR II Yanhar Jamaluddin kepada Coorporate Chief Director Gawi Plantation Group Farid Makruf.