UISU Jaring Mahasiswa Melalui UMB PTS

Foto UMB PTS UISU 2

Rektor Dr Ir Mhd Asaad MSi meninjau pelaksanaan UMB PTS Gelombang ke-II di Kampus UISU Jalan Karya Bakti Medan.

Medan, (Mimbar) – Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) bekerjasama dengan P-SPMBN (Perhimpuan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara) menggelar Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Swasta (UMB PTS) di Kampus UISU Jalan Karya Bakti, Minggu (28/4).
Pelaksanaan UMB PTS serentak dilakukan di 11 perguruan tinggi swasta seluruh Indonesia yaitu Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Medan, Universitas Malahayati (UNIMAL) Lampung, Institut Teknologi Indonesia (ITI) Serpong, Universitas Pancasila (UP) Jakarta, Universitas Trisakti (USAKTI) Jakarta, Universitas Bakrie (UB) Jakarta, Universitas Gunadarma (UG) Jakarta, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta, Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung, Universitas Atma Jaya (UAJY) Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo, Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang. Dari 11 perguruan tinggi tersebut UISU merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara yang melaksanakan UMB PTS.
Rektor UISU Dr Ir  Mhd Asaad MSi didampingi PR I Syofyan SE MSI, PR IV Drs H Syarifuddin Elhayat MA kepada wartawan di ruang kerjanya, Minggu (28/4), mengatakan UMB PTS dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas seleksi calon mahasiswa baru di PTS, sehingga diharapkan akan meningkatkan kualitas lulusan PTS sesuai tujuan dibentuknya dibentuknya P-SPMBN.
“UISU sebagai salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) sangat mendukung program ini, sehingga dalam merekut para calon mahasiswa sejak tahun 2009 UISU telah melaksanakan UMB PTS,” ujarnya sambil menyebutkan pelaksanaan UMB PTS pada hari ini merupakan gelombang kedua, untuk gelombang ketiga akan dilaksanakan pada 4 Agustus 2013.
Selain melaksanakan UMB PTS, ungkapnya, UISU juga akan melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) bersama dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diantaranya Universitas Sumatera Utara (USU). UMB PT rencananya dilaksanakan pada 14 Juli 2013, pendaftarannya dikordinir oleh USU sebagai panitia lokal. Untuk itu bagi calon mahasiswa yang mengikuti seleksi UMB PT UISU, dapat mendaftarkan diri ke USU sebagai panitia lokal.
“Selanjutnya kita juga akan melaksanakan ujian mandiri pelaksanaan sama dengan UMB PTS yaitu melalui tes online (cyber test). Berbeda dengan pelaksanaan UMB PT yang dilaksanakan melalui ujian tertulis,” ungkapnya.
Ditempat terpisah Ketua OC UMB PTS/SPMB yang juga PR III UISU Dra Hj Asnawati Matondang MSP mengatakan peserta UMB PTS UISU gelombang kedua sebanyak 206 calon mahasiswa Fakultas Kedokteran, Ekonomi, Pertanian, Teknik dan Hukum. Namun mayoritas peserta adalah calon mahasiswa yang mendaftar di Fakultas Kedokteran.
“Bagi calon mahasiswa selain mengikuti seleksi UMB PTS juga akan dilakukan psyco test dan tes kesehatan. Untuk pelaksanaan UMB PTS dilaksanakan melalui tes online (cyber test) dengan menggunakan IT dan penilaian dilakukan di Jakarta yaitu di P-SPMBN Kampus Universitas Indonesia,” sebutnya.Ibu Mariana salah seorang ibu yang mengantar anaknya mengikuti UMB PTS UISU ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan sangat mendukung dilaksanakannya UMB PTS di Kampus UISU sehingga dengan demikian para mahasiswa yang diterima nantinya benar-benar berkualitas serta benar-benar mau belajar.
“Kita sangat mendukung dilaksanakannya UMB PTS ini sehingga para mahasiswa yang diterima di UISU nantinya benar-benar yang mau belajar tidak datang kuliah untuk sekedar nampang. Anak saya sendiri, seminggu sebelum mengikuti UMB PTS ini telah memfokuskan diri untuk belajar,” ujarnya. (014)