Rektor UISU Sambut Kunjungan Duta Besar Arab

Kunjung Duta Besar Arab ke UISU

Rektor UISU Dr Ir Mhd Asaad MSi didampingi PR I Syofyan SE MSi, PR IV Drs Syarifuddin El Hayat MA, memberikan cenderamata kepada Duta Besar Arab Saudi Mustafa Bin Ibrahim Al Mubarak. (Foto: Mimbar/014)

Medan, (Mimbar) – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa Bin Ibrahim Al Mubarak melakukan kunjungan resmi ke Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Kampus Jalan Karya Bakti, Jumat (1/3).
Dalam kunjungan tersebut Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa Bin Ibrahim Al Mubarak disambut oleh Rektor UISU Dr Ir Mhd Asaad MSi serta segenap civitas akademika. Rektor dalam sambutannya mengatakan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) didirikan pada tanggal 7 Januari 1951, merupakan perguruan tinggi pertama yang berdiri diluar pulau Jawa. Mengelola 9 Fakualtas dengan 25 program studi (prodi) strata 1 dan 3 prodi strata 2.
Dalam kesempatan tersebut rektor menyambut baik kedatangan Duta Besar Arab Saudi Mustafa Bin Ibrahim Al Mubarak dan berharap dari kunjungan tersebut akan terjalin kerjasama yang baik diantara Kampusu UISU dengan pemerintahan Arab Saudi.
“Dengan menjalin kerjasama dengan negara-negara Islam seperti Kerajaan Arab Saudi, UISU akan lebih maju dan berkembang,” ucapnya.Sementara Duta Besar Arab Saudi Mustafa Bin Ibrahim Al Mubarak mengatakan sangat bangga kepada UISU yang merupakan perguruan tinggi tertua di Sumatera dengan amal usahanya, dan berharap UISU ke depan akan lebih maju dan berkembang.
Disebutkannya lagi, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Indonesia dalam bidang penerjamahan, dan selanjutnya akan lebih ditingkatkan lagi di bidang perdagangan dan pendidikan.“Untuk kerjasama, terutama kepada UISU akan difokuskan di bidang pendidikan dengan jalan pemberian beasiswa yang sampai saat ini terus berkembang. Bahkan untuk beasiswa sudah banyak sekali perguruan tinggi yang meminta. Tapi khusus bagi UISU akan kita beri kesempatan,” ujarnya.
Selain pemberian bea siswa, ucapnya, UISU juga akan diberi kesempatan untuk mengunjung universitas-universitas di Arab Saudi. Selain itu juga diberikan kesempatan untuk belajar bagi mahasiswa dan dosen. Selain itu juga akan diberikan visa undangan dan visa haji gratis bagi para dosen yang belum pernah haji, atas petunjuk rektor.
“Kami akan menerima siapapun yang akan diberangkatkan haji dari Kampus UISU, terutama bagi yang belum pernah haji, namun hendaknya atas petunjuk rektor,” ucapnya.
“Kita juga akan tampung dan memprioritaskan proposal-proposal yang disampaikan UISU ke pemerintahan Arab Saudi untuk ditindaklanjuti,” lanjutnya.
Selanjutnya, dia mengungkapkan, pihaknya akan membantu perpustakaan UISU dengan mengirimkan buku-buku ilmu pengetahuan, terutama pengetahuan Islam.
Acara diakhiri dengan pemberian cenderamata antara Rektor UISU Dr Ir Mhd Asaad MSi  dengan Duta Besar Arab Saudi Mustafa Bin Ibrahim Al Mubarak (014)